Kamis, 11 Februari 2016

cara membuat diagram batang dan tabel pada ms words

kali ini saya akan menerangkan tentang cara membuat tabel dan diagram batang pada ms word. pada dasarnya banyak orang yang memahami tentang ms word akan tetapi sedikit dari mereka mengetahui bagaimana cara membuat diagram batang dan tabel.

A. tabel

tabel adalah mengelompokan data dalam satu bidang, yang dimaksud data biasanya berupa data base angka maupun nama. dengan tabel sebenarnya lebih memudahkan orang untuk mengetahui apa yang dimaksud dari data tersebut. kali ini saya akan menerangkan membuat data dari ms word.

di mulai dari klik insert 


ketika sudah di klik insert terdapat tuklisan tabel lalu buatlah tabel yang anda inginkan entah kebawah 2 kesamping lima dan lain sebagainnya.






B. diagram batang

kedua saya akan menerangkan bagaimana membuat diagram batang dari ms word. diagran batang sangat berbeda penjelasannya dengan tabel. diagram batang berguns untuk menunjukan perbandingan, diagram batang sering digunakan untuk membedakan besar kecilnya dan tinggi rendahnya hasil dari tahun ke tahun. berikut saya terangkan contoh penggunanaan diagram batang pada ms words.

pertama klik insert pada toolbar 



lalu klik chart 



ketika chart anda klik maka akan menampilkan hal seperti ini saya akamn berikan contohnya 2 apa yang dimaksud dari perbedaan itu.

yang pertama : 

1. clustered chart



yang dimaksud dari cluster chart adalah diagram batang yang dibuat menggunakan perbandingan dari tahun ke tahun, biasanya dibuat untuk perbandingan pendapatan perusahaan selama 3-5 tahun. anda dapat merubah diagram tersebut menjadi beberapa batang yang anda perlukan, tergantung dari berapa katagori yang anda ketik, ketika anda mengetik di tabel kategori maka otomatis diagram batang akan bereubsh dengan sendirinya.

2.STACKED COLUMNS




perbedaan stacked columns dengan clustered chart adalah perbandingannya dijadikan satu dengan menggunakan satu diagram batang, biasanya mereka yang menggunakan chart ini untuk membandingkan pemjualan dcengan pihak lain tetapi dilihat dari 3 tahun terakhir.





gambar diatas adalah tampilan awal dari stacked columns. 

cara penggunannya sangat bervarian, mereka yang menggunakan diagram ini biasanya mereka membandingkan pendapatan atau penjualan mereka dengan perusahaan lain sebagai acuan dan mengetahui bagaimana keadaan perusahaan selama 3 tahun teakhir.

demikian blog yang saya buat mengenai bagaimana cara membuat tabel dan diagram batang dengan menggunakan ms words. jika mungkin ada kekurangan didalam blog saya mohon coba mencari reverensi lainnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar