PENGENALAN MICROSOFT
EXCEL
Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan
misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking hasil belajar
siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain. Dengan demikian
pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari
Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.
Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa
melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang
sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan
data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa
berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk
bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa
membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia
juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang
bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data
dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh
dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi
penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel
akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap
kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang
aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
Cara Menggunakan Microsoft Excel
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari
lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar
misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan
mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk
mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan
sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili
perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian
program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda
pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap
pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion
point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen pengolah angka
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang
cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel
dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan
:
C. Penerapan Microsoft Excel
Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada
Gambar 2 adalah sebagai berikut:
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian
ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5
seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka
arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik
tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal
maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga
melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3. Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan
beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style
font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan
style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai
selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel.
Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri
dengan cara :
Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri
border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol
dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas
format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian
akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan
dibawah ini.
1. =SUM(…)
masagambar diatas adalah cara penggunaan sum. yang pertama :
- masukan data yang akan anda hitung
- masukan rumus =sum( B2:B10) enter
- dari situ akan menghasikan jawaban dari jumlah semuanya.
demikian penjelasan saya mengenai ecel serta contoh pengoprasiannya memalui SUM. maaf jika blog saya kurang menarik. terimakasih.
Ja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar